Alhamdulillah masih bisa ketemu lagi dengan Idul Fitri tahun ini. Walaupun tahun ini gak mudik ke Serang, gak apa-apa, yang penting semuanya sehat udah bersyukur banget ya Allah. Semoga terus diberikan kesehatan oleh Allah buat kita semua, aamiin…

Tahun ini karena masih pandemi Covid-19, banyak juga orang-orang yang bernasib sama kayak saya. Gak bisa lebaranan langsung sama keluarga di kampung halaman, cuma bisa lewat video call.

Sedih? Iya… karena ini perdana saya lebaran gak pulang ke rumah. Tapi karena situasinya seperti ini, gak boleh egois juga. Asalkan bisa denger suara orang-orang rumah aja udah bersyukur banget, itu tandanya mereka semua sehat. Alhamdulillah…

Pagi tadi, saya video call-an sama ibu. Sebelum-sebelumnya saya gak berani hubungin ibu pakai video call, soalnya kalau udah liat muka, ibu pasti sedih. Tapi, berhubung ini lebaran, gak afdol juga kalau gak liat muka. Dan… bener aja, baru aja ibu bilang “Assalamu’alaykum, Tih… sehat?”, tiba-tiba ibu nahan-nahan bibir, terus langsung nangis. Nangis yang ketahan gitu ya Allah… 😒

Saya sebenernya gak kuat liat ibu nangis. Mau nangis juga. Tapi kalau saya nangis, ibu nanti malah makin sedih. Jadi, saya tahanlah kuat-kuat biar gak nangis, tapi tetep aja sih suara agak geter-geter juga walaupun berhasil gak keluar air mata 😒

“Ibu mah bikin gemblong sama semur banyak di sini. Kalau Atih (panggilan kecil saya di rumah) pulang mah, langsung makan nih pasti…”, sambil terus nahan air mata. Sumpah ini pas tadi pagi video call-an saya beneran gak nangis, tapi pas ngetik ini, pipi langsung basah ya Allah… 😭

Terus tiba-tiba ibu nanya, “Atih kok tambah gemuk?”

Duh. Sebenernya kata gemuk yang ditujukan buat saya setelah bulan Ramadhan adalah sesuatu yang sangat mustahil. Setelah Ramadhan, seharusnya dan memang biasanya berat badan saya terjun bebas. Tapi mungkin karena bergo yang saya pakai agak kencang sematan jarum pentulnya, jadi bikin pipi saya berkamuflase menjadi lebih chubby, haha. Syukurlah kalau ibu ngira saya gemukan, kalau keliatan kurus, pasti makin dereslah itu ibu nangisnya πŸ˜…

Alhamdulillah walaupun video call-annya cuma sebentar, lumayan bisa melepas kerinduan bersama keluarga. Sesingkat apapun pertemuan kita dengan keluarga, harus selalu disyukuri. Walau hanya secara virtual sekalipun, harus tetap disyukuri, karena masih ada orang-orang yang tidak seberuntung kita. Di tengah pandemi ini, jangankan bertemu langsung, secara virtual pun mungkin ada dari teman-teman kita yang tidak bisa melakukannya karena terkendala kuota atau sinyal yang tidak mendukung. Atau, mungkin juga karena orang yang kita sayangi sudah tidak ada lagi di dunia ini. Bersyukurlah dengan kehadiran keluarga kita hingga saat ini. Di mana pun dan bagaimana pun caranya, alhamdulillah Allah sudah memberikan jalan yang terbaik untuk kita semua.

Idul Fitri adalah hari untuk bersuka cita. Walaupun ada yang jauh dari rumah kayak saya, jangan terus-terusan sedih ya… kan keluarga pada sehat, harus seneng lah… OK! πŸ˜‰

Taqabbalallahu minna wa minkum… shiyamana wa shiyamakum…

Saya yang banyak khilafnya dan sering banget ngeselin ini, mohon dimaafkan ya teman-teman. Kalau saya lupa dan khilaf lagi mohon diingatkan. Semoga Allah selalu memberikan rahmat-Nya, ampunan-Nya, dan ridho-Nya untuk kita semua agar bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan dan Syawal tahun depan, lengkap bersama-sama keluarga kita tercinta, aamiin ya Allah aamiin…

Semoga kita semua terus istiqamah dengan semangat ibadah kita selama bulan Ramadhan kemarin yaa, aamiin…

Eid Mubarak! ^_^

(*)

 

About Ratih Malini

Manusia introvert -- Masih suka anak-anak dan pemandangan -- Masih suka pencak silat dan panahan, tapi udah gak pernah lagi latihan -_-"

4 responses »

  1. Ama Powell says:

    Minal Aidzin wal Faidzin ka Ratih. Mohon maaf lahir batin ka kalo muridmu ini pernah memiliki kesalahan. Semangat nulis terus ya ka. Tetap sehat selalu di masa pandemi ini. Semangat. *btw aku gak sengaja liat notif di email aku kl ada tulisan baru kakak wkwk

    Like

  2. Patih Ulama Yudra says:

    Assalamu’alaikum Mba Ratih.. salam dari saya Junior MPUI Mba,, saya mau tanya apakah tidak ada sesi sharing dari senior2 MPUI angkatan Mba Ratih kepada kami yg masih Junior ini hehehe.. krna kami menyadari betapa sulitnya buat keep the spirit ditengah COVID-19 ,,

    Like

    • Ratih Malini says:

      Wa’alaykumsalam… hi Patih πŸ˜€
      Boleh, insyaaAllah kalau memungkinkan bsa diatur waktunya. Tapi yang pasti utk kondisi saat ini, kita cuma bisa via grup wa atau pakai video conference kali ya ngobrol-ngobrol barengnya. Btw, MPUI sekarang udah jauh lebih berkembang ya kayaknya…

      Oiya, mungkin bisa juga tuh adain latihan virtual, pakai video conference di rumah masing-masing. Pengalaman pernah nemu latihan gym bareng pelatih pakai zoom soalnya, hihi

      Semangat yaaa semuanya πŸ˜€

      Like

Leave a comment