Sudah hampir sekitar 2 tahun mungkin saya gak pernah olahraga. Kerasa banget bedanya. Dulu pas jaman-jamannya masih kuliah, pasti selalu latihan fisik dan pernapasan di Balairung atau Pusgiwa. Karena memang waktu itu sempet ikut salah satu UKM olahraga juga di UI, jadi minimal seminggu 2 kali rutin olahraga. Badan kerasa seger terus bawaannya, tapi langsung ngantuk sih kalau liat slide kuliah wkwkwk… *ditimpuk galon*. 

Setelah lulus kuliah, masih lumayan dikit-dikit rutin olahraga walaupun mulai ogah-ogahan. Tapi syukurnya, badan masih fit-fit aja walau dibawa lompat-lompat ke beberapa tempat dalam 1 hari, bahkan sampai ke planet Bekasi yang koordinatnya di ujung dunia sekalipun. Saya masih inget, dulu pernah rutin tiap senin sampai sabtu ngajar di NF, sabtu pagi ngajar di Bantar Gebang, dan minggunya ngajar di SBMatahari. Gitu terus gak berenti-berenti. Badan gak masalah. Tapi sekarang….

Selain karena jarang olahraga, mungkin juga karena faktor ‘u’, dan kalau kemana-mana juga sekarang seringnya pakai motor, jarang jalan kaki kayak waktu dulu, jadinya manja deh ini badan. Setahun lebih, sudah beberapa kali ini badan saya ngedrop. Pilek, pusing-pusing, demam, batuk-batuk, bahkan ini aja  kadang masih suka batuk-batuk kalau malam, padahal sudah hampir 2 bulan. Saya yang kebetulan memang tipe-tipe pemalas kalau disuruh periksa ke dokter, setelah kurang lebih 7 tahun lamanya, akhirnya dateng juga ke dokter karena memang udah gak kuat lagi sama sakitnya. Alhamdulillah sekarang sudah agak mendingan.

Sumpah ya… sakit itu gak enak. Mau ngapa-ngapain pasti gak maksimal terus kerjaannya. Ngajar pas di depan kelas aja kudu jeda beberapa kali karena gak bisa nahan batuk, bahkan suka bolak-balik ke toilet karena sering mual sampai muntah-muntah karena saking kuatnya nih batuk. Bener deh, sehat itu penting banget! Makanya, sekarang saya mau mulai menerapkan lagi pola hidup sehat. Mulai lebih sering makan buah sama sayur, minum air putih minimal 2 liter per hari, dan pastinya rutinin lagi olahraga kayak dulu! 💥💪🏻

Yap, olahraga! Gak perlu yang berat-berat olahraganya, jogging atau jalan santai tiap pagi juga bisa. Tapi berhubung saya males jogging pagi-pagi di UI, walaupun tinggal ngesot dari kerajaan Kober tercinta, akhirnya saya pun memilih olahraga di dalem kosan, haha. Kebetulan saya dari kecil suka banget sama yang namanya senam karena ada musiknya, jadi gak cepet bosen. Dan dulu juga saya suka banget mantengin di TV waktu masih ada acara ‘Binaraga’ di ANTV, suka ikutin gerakan-gerakan aerobiknya. Tapi karena sekarang acara-acara kayak gitu udah gak ada lagi di TV dan saya juga gak punya TV di kosan, jadi akhirnya saya pun lari ke Youtube dan menemukan ini.

Nyari yang acara Binaraga gak nemu-namu, jadinya ya udah ambil yang ada aja. Lumayan gerakan-gerakannya gak begitu ngejlimet, gampang diikutin. Tapi jujur, pas bagian push up saya gak kuat, wkwkwk. Banyak banget loh video olahraga lain yang seru-seru yang bisa diikutin. Jadi gak ada alesan males olahraga lagi ya, Tih. Pokoknya kudu semangat, biar sehat!

Oiya, walaupun besok udah mulai puasa Ramadhan, insyaaAllah olahraga tetep jalan terus biar makin sehat. Semangat hidup sehat semuanya… dan selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga dilancarkan semua ibadah kita selama bulan Ramadhan, aamiin…  Mohon maaf lahir batin yaa. 🙏🏻

(*)

Leave a Reply

