Dulu saya pernah punya keinginan bisa punya pengalaman mengajar anak-anak mulai dari anak usia dini hingga SMA. Saya ingin tahu bagaimana rasanya dan bedanya saat mengajar di semua tingkatan usia tersebut, belajar bagaimana caranya saya bisa memposisikan diri dan berbaur dengan mereka. Bak gayung bersambut, di tahun 2013 ternyata kesempatan itu datang. Sebuah sekolah informal untuk anak usia dini bernama Sekolah Bermain Matahari (SBM) sedang oprec volunteer, saya pun langsung mendaftar. Proses seleksi magang dan wawancara saya lalui, singkat cerita akhirnya saya pun diterima sebagai kakak guru di sana dan mulai aktif mengajar sekitar bulan September 2013.

Kegiatan-kegiatan belajar di SBM sangat menarik. Semua kakak guru harus bisa sekreatif mungkin menyusun metode pembelajaran yang menarik untuk anak-anak di sana. Dan juga, di SBM konsepnya tidak asal ngasih pembelajaran sesuka-suka kita, tapi juga harus sejalan dengan tema yang akan dikenalkan kepada anak-anak di tiap term-nya. Beberapa tema yang sudah dikenalkan pada anak-anak SBM adalah lautan, profesi, ruang angkasa, tubuhku, tanah airku, daur ulang, dan masih banyak lagi. Jadi, bagus sekali untuk menambah wawasan mereka, sekaligus menambah kegiatan belajar dan bermain yang menyenangkan untuk weekend mereka. Oh ya, tidak hanya untuk anak-anaknya saja. Di SBM, orang tua dari anak-anaknya juga bisa dapat ilmu-ilmu tentang parenting dan keuangan. Biasanya kegiatan untuk orang tua ini diadakan setiap tiga bulan sekali. Seru ya, orang tua dan anak bisa dapat paket komplit :D.

Tidak terasa sudah tiga tahun saya bergabung menjadi keluarga besar Sekolah Bermain Matahari. Selain tambah pengalaman, tambah ilmu, pastinya tambah banyak saudara. Kakak-kakak guru yang keren, adik-adik SBM yang lucu, dan orang tua-orang tua mereka yang sangat ramah, benar-benar suatu kebahagiaan bisa menjadi bagian dari mereka selama tiga tahun ini.

Ngomong-ngomong tentang keluarga besar SBM ini, saya jadi ingat dulu saya pernah bikin video buat SBM dan selalu pengen cepet-cepet weekend kalau udah nonton video itu. Mau tau videonya? Nih dia, tapi harap maklum ya kalau videonya kurang bagus karena itu sebenarnya cuma coba-coba aja, haha.

Oh iya, saya juga masih punya poto-poto bareng kakak guru waktu ulang tahun SBM. Suka banget nih kalau udah poto-poto bareng gini :).

SONY DSC

(Ulang Tahun ke-1 SBM)

#2

(Ulang Tahun ke-2 SBM)

#3

(Ulang Tahun ke-3 SBM)

Alhamdulillah… di ketiga ulang tahun itu masih bisa kumpul bareng mereka, semoga seterusnya masih bisa :D. Seru banget punya banyak saudara dan kegiatan yang menyenangkan. Sebenarnya banyak banget poto-poto yang mau saya share tentang SBM di sini, tapi kayaknya yang lebih lengkap langsung mampir ke blog-nya SBM aja ah, hehe.

Semoga SBM makin maju, makin keren, kakak-kakak gurunya juga makin banyak dan rame, aamiin… karena jadi kakak guru di SBM itu gampang, yang penting kita punya semangat dan komitmen yang tinggi untuk memberikan kebahagiaan dan pendidikan yang lebih baik bagi anak-anak usia dini.(*)

Slide1

 

 

 

Leave a Reply

