Bicara soal guru gak akan pernah ada habisnya. Yap, saya pribadi pun sangat tertarik kalau sudah membahas tentang hal ini. Menjadi guru, di mana pun itu, selalu punya tantangan tersendiri dalam praktiknya. Mulai dari ketemu anak yang biasa-biasa aja, yang pinter banget, yang pendiem banget, yang jenius banget tapi agak-agak, dan masih banyak lagi. Seorang guru harus pintar-pintar membagi perhatiannya untuk semua jenis anak ini dalam satu kelas, dalam satu waktu. Pusing? Iya. Lelah? Sering! Tapi semua itu bukanlah beban jika kita tahu bahwa merekalah yang nantinya akan mengajarkan kita menjadi… seorang guru yang hebat!

Sedikit cerita dari apa yang sudah saya dapat saat pelatihan beberapa waktu lalu, saya datang bersama teman-teman saya di Serambi Inspirasi, Kak Muti, Kak Imam, Kak Anggi, Kacha, Karos, dan Kak Ipeh. Kebetulan kami memang terjun di dunia mengajar untuk anak-anak SD, jadi tahu ada pelatihan seperti ini, waaahh… kesempatan emas!

Di acara ini, kami dapat pelatihan mendongeng dan pelatihan menjadi guru asyik menyenangkan. Pelatihan mendongeng diisi oleh Kak Toni, pendongeng dari Komunitas PAGI (Pelangi Anak Negeri). Kami diajarkan banyak hal tentang mendongeng, tidak hanya teori, tapi praktiknya langsung. Mulai dari mengarang sebuah dongeng, menceritakannya, mengenal teknik-tekniknya, dan banyak lagi. Yang paling diingat waktu itu adalah saat praktik improvisasi dongeng, dimana kita harus melanjutkan dongeng dari teman-teman yang lain. Tidak tahu ceritanya sepertinya apa hingga akhirnya harus seperti apa, semua tergantung imajinasi dan kreativitas dari masing-masing peserta.

Selain teknik mendongeng, kami juga diajarkan teknik pernapasan, teknik vokal, dan senam wajah. Teknik pernapasan untuk melatih dan mengontrol endurance selama mendongeng, teknik vokal untuk membedakan karakter dalam dongeng, dan senam wajah untuk melatih mimik wajah sesuai emosi dari tiap-tiap karakter.

Di pelatihan kedua, kami dilatih oleh Kak Ade, seorang guru profesional yang asik banget orangnya. Kita diajarkan banyak tentang cara mengajar, mengenal jenis-jenis anak, mengenal jenis-jenis guru, dan bagaimana cara kita bisa membawa suasana kelas menjadi lebih menyenangkan. Dan yang paling saya suka, Kak Ade ini banyak banget ngasih teknik ice breaking! Lumayanlah buat saya yang notabene ngajar pelajaran paling horor di dunia, bisa dipake buat bangunin anak-anak yang molor-molor cantik karena ke-eneg-an liat angka-angka, hahahah.

IMG-20160124-WA0046

Serius, gak rugi banget udah datang di pelatihan ini. Yang didapet gak cuma teori-teori basi yang biasanya cuma numpang lewat doang di otak, tapi lebih ke banyak banget praktik menarik yang seru buat diaplikasikan saat proses belajar mengajar. Dan dari pelatihan ini, saya jadi belajar bahwa untuk menjadi guru yang hebat kita harus  menjadi pribadi yang menyenangkan lebih dulu. Dengan menjadi pribadi yang menyenangkan, maka suasana belajar juga akan ikut jadi menyenangkan. Yap, sebarkan energi positif saat mengajar dan tanamkan keikhlasan, karena mungkin dari murid-murid yang telah kita ajarkanlah itulah inspirasi hebat mungkin akan datang. 😉

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s