Hari ini entah kenapa gak bersemangat banget bawaannya, sudah dari beberapa hari yang lalu sih sebenernya. Bete, kecewa gak bisa ngerampungin sesuatu yang harusnya bisa diselesaikan sebelum hari Sabtu tiba. Padahal sudah semanget banget dari hari Rabu, tapi karena feedback yang kurang memuaskan, apa boleh buat, saya harus merelakan tidak ikut kegiatan hari Sabtu yang sudah sangat saya tunggu-tunggu sejak dulu hanya untuk menuntaskan sesuatu yang belum selesai ini. Maklum sih, mungkin memang karena orang-orangnya juga yang super duper sibuk dan saya juga kurang inisiatif dan kreatif dalam memahami kegiatan yang akan saya buat. Jadi… ya sudahlah.

Ngomong-ngomong tadi pagi sehabis ngajar, saya dan beberapa teman sempat ngobrol-ngobrol sebentar. Awal mula sih ngobrolin tentang penggusuran Kampung Pulo yang sekarang sedang marak dibicarakan, tapi akhir-akhirnya malah nyerempet dan nyambung ke hal lain. Dan hal lain yang dibicarakan itu adalah tentang… kenangan.

Sudah pasti semua orang di dunia ini punya kenangan. Pahit, manis, atau sekedar hal-hal yang tidak penting sekalipun, pasti pernah tidak sengaja dikenang. Awalnya mungkin biasa-biasa saja atau malah tidak berkesan sama sekali, tapi saat teringat kembali, tiba-tiba saja bisa membuat mata berair atau bibir tersenyum. Dan saat ini, saat mood saya sedang kurang enak ini pun, tiba-tiba saja sejumlah kenangan datang.

Sejenak setelah sepulangnya saya dari ngajar, saya mampir dulu ke UI. Sambil duduk santai melepas lelah di halte Balairung, saya pun melihat-lihat keadaan sekeliling kampus. Sudah banyak berubah. Lalu saya jadi berpikir untuk mengulur waktu sampai ke kosan. Saya ingin jalan-jalan dulu keliling kampus. Yap, mulai dari Balairung UI yang saya lihat masih menyisakan tenda-tenda acara wisuda kemarin, gedung rektorat yang sekitarnya sedang banyak disinggahi mahasiswa-mahasiswa ‘aktif’, gedung bundar Fasilkom yang tak akan pernah bisa dilupakan perjuangan kuliahnya, Takor FISIP yang biasa saya lewati kalau pulang dari kampus, jalanan samping kandang rusa yang sekarang entah kemana rusanya, dan terakhir halte stasiun UI yang wajib selalu saya lalui untuk mencapai kosan setelah seharian nge-lab di Fasilkom. Semuanya penuh kenangan. Ya, kenangan yang tak akan pernah bisa dilupakan. Dan tidak terasa, sudah 7 tahun berlalu sejak saya mengenal kampus itu.

Puas berlalu-lalang di area kampus, sesaat setelah saya sampai di kosan, saya pun jadi teringat dengan sesuatu hal. Beberapa hari yang lalu, saya sempat mengobrak-abrik isi kamar dan ternyata saya menemukan beberapa buah kenangan. Kenangan-kenangan ini adalah kenangan saat saya memulai perjalan di kampus UI dulu, hingga akhirnya bisa menuju ke masa sekarang bersama teman-teman. Langsung, saya kumpulkan saja kenangan-kenangan itu. Saya scan dan saya abadikan di blog ini. Jadi, kalau nanti tiba-tiba kenangan-kenangan itu hilang, saya masih bisa melihatnya di sini. Ya, ini dia.

obm2008

Itu adalah kenang-kenangan dari teman-teman saya waktu OBM tahun 2008. Jadi, waktu itu semua mahasiswa baru diwajibkan untuk mengikuti kegiatan orientasi belajar selama 2 minggu, eh apa satu minggu ya? Lupa, pokoknya saat OBM, kita kegiatannya bareng-bareng terus dengan teman-teman dari berbagai fakultas untuk mengenal sistem pembelajaran yang dipakai di kampus. Nah ceritanya di akhir kegiatan ini, bareng sama kakak-kakak tentornya juga, kita disuruh nulis testimoni untuk semua teman satu kelas OBM. Daan itu dia testimoni buat saya. Ketahuan ya jaman masih maba, pemalu dan pendiemnya parah banget :P. Tapi btw, bisa banget yah tuh kertas masih saya simpen sampai sekarang hahaha. Tapi memang saya suka banget sih kalau dikasih kenang-kenangan macam ini. Sangat berkesan dan sayang banget kalau sampai hilang :).

2009

Setahun berlalu, ternyata kehidupan kampus mengubah diri saya menjadi sosok yang tertulis seperti gambar di atas haha. Entah karena saya sutris atau gimana saya juga gak ngerti, teman-teman pada ngasih testimoninya kayak gitu XD. Tapi yang pasti, saya masih tetep pemalu dan pendiem kok :P.

sbm

Nah… kalau yang ini awal tahun 2014 banget nih, udah bukan mahasiswa lagi pastinya. Itu semuanya kesan-kesan dari Kakak-Kakak Guru Sekolah Bermain Matahari waktu team building di puncak. Oiyaa sebenernya ada satu lagi tuh yang ngasih kesan, kayak gini, “Ratih jangan galak-galak” :|. Nyebelin sih kesannya haha, tapi sayang banget kayaknya lembaran yang itu sudah tercecer dan hilang entah kemana heuu *sedih*. By the way sumpah ya, ini hidup saya yang makin ke sini makin keras atau gimana, kesan-kesannya kok ya pada gitu semua, hahaha. Sekongkol nih pada.lliqo1liqo2Terakhir ini. Ini testimoni dari teman-teman satu grup melingkar saya. Sumpah pas baca tulisan, ‘abis beli beras di hypermart’, saya selalu pengen ngakak wahahahhah!

Jadi pada suatu hari begini ceritanya…

Temen : Tih, mau kemana abis ini?
Ratih : Mau ke hypermart
Temen : Cieeee belanjaaa
Ratih : Enggaaaa cuma mau beli beraaas 
Temen : (((SYOKKK))) KAMU BELI BERAS MANGGUL SENDIRI, TIH??!!
Ratih : *pasang tampang flat*

Akhirnya, saya malah gak jadi beli beras pemirsah! Keburu ilfil duluan udah disamain sama tukang manggul beras wahahahhahah.

Ampun, secara enggak sadar saya ngarasa beruntung banget punya kebiasaan nyimpen-nyimpenin kenangan-kenangan di atas sampai sekarang. Lumayan banget ternyata saat saya baca lagi, bikin mood jadi lebih bagusan, beneran! Ini juga saya sambil ketawa-ketawa gak jelas gitu ngeblognya, haha.

Kenangan itu memang sangat indah ya. Yang sedih aja kadang kalau kita positive thinking bisa jadi terasa sangat indah, apalagi yang aneh, gila, kacau, gak jelas kayak gini hahaha. Semoga yang baca tulisan ini juga punya banyak kenangan yang gak kalah okenya ya dan bisa bikin mood jadi tambah oke juga pastinya. Terus jangan lupa, abadikan biar bisa dikenang lagih. Hidup kenangan!!! #halah XD XD XD

 

Leave a Reply

